SMK Negeri 4 Tanjungpinang

Jl. Nusantara Km. 14

Terampil, Semangat, Kreatif, Akhlaqul Karimah dan Cerdas (TANGKAS)

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Jum'at, 08 Februari 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 974 Kali

KETUA JURUSAN

SINTA FEBRINA, S.Pd

 

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Garis Besar Kerangka Kurikulum REKAYASA PERANGKAT LUNAK:

  • Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)
  • Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)
  • Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data

Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :

  • User / Pengguna
  • Operator
  • Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)
  • Senior Programmer (Pembuat Program Senior)
  • Analist

Target Pendidikan Jurusan RPL SMK → Operator Menuju Junior Programmer

Lapangan Pekerjaan :

  • Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
  • Programmer Junior
  • Operator dan Teknisi Komputer
  • Bagian pengolahan data

Proses belajar mengajar di RPL :

  • Normatif
  • Adaftif
  • Produktif

Produktif :

  • Kompetensi Dasar
  • Kompetensi Keahlian

Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi menjadi jam kegiatan berikut:

  • Tatap Muka (TM)
  • Praktek Sekolah (PS)
  • Praktek Lapangan (PL)

Magang adalah kegiatan belajar siswa di lapangan untuk melihat, mencoba, mempraktekkan pelajaran di sekolah secara real dilapangan / dunia industri.

KOMENTARI TULISAN INI